YPAC Sumbar Bertabur Prestasi ” GO Nasional”

dscn2266

SLB YPAC Sumbar begitu “bahagia” Anak Bungsu dari 16 Saudara Se-Indonesia mampu mengharumkan nama YPAC, kenapa tidak peserta didik yang dengan segala keterbatasanya mampu merah prestasi gemilang diantaranya : Cipta Baca Puisi Juara I Tingkat Kota Padang, Keterampilan WEB SMPLB Meraih Juara II Tingkat Propinsi, IT  Blog Berhasil mendapat medali emas terbaik I Tingkat Propinsi dan maju ke tingkat Nasional, Juara I Tingkat Propinsi juga diraih pada bidang Modelling dan juga berhasil menuju ke Naional pada avent FLS2N dan Lomba Keterampilan. Semoga YPAC tetap cemerlang dan terus bersinar di manapun berada,  YPAC YES!

( BY : Desniar, S. Pd)

Posted in Informasi | Leave a comment

Anak-anak Disabilitas indonesia berkarya

10590648_10202692958660159_5019077555953570256_nSekali lagi, anak-anak disabilitas menurut kacamata awam diidentikkan dengan anak-anak yang tak memiliki kemampuan. Selain tidak memiliki kemampuan, rata-rata anak-anak ini dianggap sebagai beban hidup bagi kehidupan orang tua mereka. Selain dianggap sebagai anak yang “lemah” mereka pun tak luput dari penilaian negatif serta diskriminatif di lingkungan keluarga serta lingkungannya.

Diskriminatif dalam bidang pergaulan, dengan alasan masyarakat pada umumnya menganggap bahwa anak-anak ini tidak bergaul dengan anak lainnya karena keterbatasan yang dimiliki baik karena fisik yang tak sempurna, kelemahan intelegensi dan juga karena mereka seringkali dianggap tidak mampu merespons informasi yang diberikan oleh orang lain.

Tidak hanya mereka yang belum pernah mengenal hakekat anak-anak disabilitas, karena saya sendiri pernah juga beranggapan bahwa para penyandang disbilitas ini benar-benar tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi seiring perjalanan waktu bersama anak-anak ini, saya temukan hakekat yang luar biasa. Mereka benar-benar sosok yang memiliki kelebihan ketika di dalam tubuhnya penuh dengan kekurangan. Sepadan dengan seseorang yang memiliki banyak kelebihan justru hakekatnya mereka penuh kekurangan. Bedanya anak-anak disabilitas kelebihannya nampak begitu nyata sedangkan kelebihannya tersembunyi dan harus digali agar dapat diolah menjadi bermanfaat. Sedangkan anak-anak pada umumnya mereka sempurna secara fisik, tapi ada banyak kelemahan yang seringkali disembunyikan dan seringkali membuat orang-orang disekitarnya tak memahami secara langsung.

1401693087125439051
1401693087125439051
Anak tuna rungu tengah berlatih drum (SLBN Metro) / dok. pribadi
14016927851522762227
14016927851522762227
Anak-anak SLBN Metro tengah berlatih musik / doc. pribadi

Begitu pula dengan anak-anak SLB N Metro, sekolah bagi penyandang disabilitas yang berdiri pada tahun 2004 di Kota Metro Lampung ini hakekatnya sudah banyak menorehkan prestasi. Sejak berdirinya sekolah ini, sampai sekarang di bawah kepemimpinan Dra. Yuly Hartaty, MM, hakekatnya sudah sangat banyak. Prestasi para siswanya yang pada awalnya tak pernah diduga-duga sebelumnya. Mereka seperti mutiara di dalam timbunan lumpur dan kotoran, mereka harus diolah dahulu hingga menjadi mutiara yang benar-benar cemerlang dan berharga tinggi.

Seperti halnya pula anak-anak disabilitas ini, dengan kecakapan dan kesabaran para pendidiknya mereka dapat menorehkan prestasi yang membanggakan bagi orang tuanya, guru-gurunya, sekolah, kota kelahiran dan tempat tinggalnya serta Indonesia tentunya. Tidak lain dan tidak bukan karena para guru yang berjiwa besar yang memiliki mimpi yang besar ingin membangun anak-anak Indonesia yang kekurangan ini menjadi sosok-sosok yang memiliki kelebihan. Minimal kehidupan mereka stara dengan anak-anak normal lainnya.

Dalam beberapa event perlombaan, anak-anak ini selalu saya mampu berkompetisi secara fair dengan kemampuan yang mereka miliki. Kemampuan mereka lahir setelah sekian lama diolah dengan kerja keras dan tingkat kesabaran yang tinggi tentunya.

Belum lama ini, Anak-anak SLB N Metro mampu meraih juara, meski tak semuanya juara pertama, tapi alhamdulillah di antara mereka mampu menembus peringkat nasional, salah satunya lomba desain grafis yang mampu tembus juara, dan lomba-lomba lain yang tak dapat disebutkan satu persatu. Kalau untuk juara propinsi, beberapa kali SLBN Metro mampu tembus sebagai juara umum. Sebuah prestasi yang luar biasa yang juga mengharumkan nama Provinsi Lampung serta Kota Metro pada khususnya.

Di tengah hiruk pikuk kemenangan yang mereka raih hingga tingkat nasional, mereka pun tak henti-hentinya berlatih, baik untuk persiapan lomba olimpiade sains, olimpiade olahraga mapun festival seni tingkat nasional. Tentu saja seabrek kegiatan latihan pun menghiasi hari-hari anak-anak yang memiliki bakat yang luar biasa ini.

Bagaimanapun juga, prestasi yang diraih SLBN Metro masih sebatas diawal, karena saat ini SLBN Metro tengah mempersiapkan diri untuk dapat menjadi salah satu sekolah penyandang disabilitas yang dapat menembus juara nasional dengan membawa trofi dan piagam penghargaan yang dapat mengangkat harkat dan martabat anak-anak penyandang disabilitas sekaligus mengangkat kehormatan sekolah dan Kota Metro tentunya.

14016932812087036779
14016932812087036779
piagam penghargaan / doc. pribadi

Semoga saja, kedepannya pemerintah baik pusat maupun daerah semakin memperhatikan dan memberikan peluang yang sama bagi anak-anak penyandang disabilitas. Dengan harapan semakin pemerintah memberikan peluang yang sama bagi anak-anak ini, maka secara otomatis mereka pun mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh penghidupan yang layak. Dan lebih dari itu merekapun hakekatnya merupakan generasi muda yang bersiap membangun Indonesia.

 

Posted in Penelitian | Leave a comment

ypac Sumatera Barat

selamat datang di YPAC Sumatera Barat

10590648_10202692958660159_5019077555953570256_nYPAC sumatera barat memberikan kemudah kepada peserta didik kurang mampu dengan menggratiskan uang sekolah dengan tujuan semua peserta didik mendapatkan pelajar sesuai dengan usia dan kemampuan mereka.

Posted in Pelayanan | Leave a comment

Sekilas Berita Terkini YPAC Sumbar

cropped-logo.pngPengurus  YPAC Padang   menghadiri acara  Training Pengelolaan Teknologi Komunikasi (ICT) bagi  YPAC se Indonesia oleh Pusdatin PPRBM

Posted in News and events | Leave a comment

Materi Training IT 20 September YPAC Sumatera Barat

Berikut ini daftar aplikasi dan materi (khusus website) yang akan digunakan selama dalam pelatihan IT, Jika pada laptop/komputer belum terinstall aplikasi yang diperlukan bisa download pada link dibawah.

Materi :

Materi website ypac sumatera barat

Daftar Aplikasi :

Browser (Mozilla Firefox)

PDF reader (Adobe Reader)

Skype

 

Posted in News and events | Leave a comment

PERTEMUAN ORGAN YPAC SE-INDONESIA

pertemuan_organ2013“Meningkatkan Kualitas Peran YPAC Melalui Kemitraan” demikianlah topik yang diusung dalam Pertemuan Organ YPAC se-Indonesia kali ini. Pertemuan tersebut bertujuan untuk membahas perkembangan YPAC se-Indonesia dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang bersifat nasional serta menyelesaikan masalah-masalah yang terkait masalah anak, kecacatan dan rehabilitasi. Kata kunci kemitraan menjadi sangat relevan ketika setiap YPAC wilayah secara yuridis sudah otonom dan mandiri, tetapi masih mempunyai ikatan historis dan spirit dengan YPAC yang lain sehingga kesetaraan menjadi modal kuat dalam kemitraan.

Pertemuan yang dihadiri semua organ (Pembina, Pengurus, Pengawas) YPAC se-Indonesia dan Badan Khusus PPRBM Prof.Dr. Soeharso YPAC Nasional ini dilaksanakan di Palembang dari tanggal 25 hingga 27 April 2013. Pada ucapan selamat datang Ketua Panitia Pelaksana (YPAC Palembang) Ibu Farida Irawadi menyatakan ucapan syukur atas terlaksananya penyelenggaraan pertemuan dan berterimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu. Dalam kata sambutannya Ketua Pembina YPAC Nasional Ibu Sorta Tobing menekankan tentang perkembangan yang terjadi di YPAC Nasional selama ini serta lounching buku 60 tahun YPAC. Dalam kata pembukaanya Gubernur Sumatra Selatan Ir. Alex Nurdin di Griya Agung menyatakan bahwa Pertemuan Organ YPAC se-Indonesia sudah tepat dilaksanakan di Palembang karena kemajuan pembangunan di Sumatra Selatan yang sangat signifikan. Bapak Gubernurpun melanjutkan dengan menjelaskan kemajuan pembangunan di bumi Sriwijaya Sumatra Selatan ini dalam berbagai bidang, antara lain bidang kesehatan, pendidikan dan olahraga.

Acara inti pertemuan adalah didalam sidang pleno yang dirangkum pelaksanaannya dalam satu hari yang membicarakan masalah-masalah Rehabilitasi Internasional dan Konvensi Hak-hak Penyandang Disabilitas, Pusat data informasi, penelitian dan pengembangan YPAC, masalah akreditasi, pelayanan kesehatan UKS di SLB, assessment anak berkebutuhan khusus, dan pemberdayaan rujukan. Sidang pleno ini dipimpin oleh moderator Ibu Imbari Rachmad dan sekretaris Ibu Farida Ratna Djuita. Setelah materi dipaparkan oleh pembicara, peserta diberi kesempatan untuk tanya jawab. Ada antusiasme yang cukup tinggi dari peserta untuk bertanya jawab tentang suatu topic/masalah yang dikaitkan dengan situasi terbaru yang dihadapi YPAC mereka saat ini. Sekalipun kebanyakan peserta sudah lanjut usia tetapi semangat dan pemikiran mereka cukup bagus

mengikuti perkembangan saat ini. Untuk lebih mendalami materi dan membuat rancangan action plan, peserta dibagi dalam kelompok-kelompok dimana setiap kelompok membicarakan satu masalah/topic tertentu. Kemudian hasil dari diskusi kelompok dipresentasikan dalam sidang pleno. Selanjutnya hasil diskusi ini akan diolah oleh YPAC Nasional menjadi hasil keputusan Pertemuan organ YPAC se-Indonesia.

100_2291

Padatnya jadual materi sidang pleno dan terbatasnya waktu yang disediakan menjadi masalah bagi panitia untuk mengatur waktu yang tepat. Sebagai akibatnya banyak waktu rehat yang dikurangi bahkan dibarengkan dengan acara tanya jawab dan diskusi. Meskipun demikian semua agenda yang sudah direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik. Acara dilanjutkan dengan sebuah kesepakatan untuk mengadakan pertemuan berikutnya dua atau tiga tahun mendatang di Makasar Sulawesi Selatan. Acara diakhiri dengan kesan pesan oleh Prof. Moelyati dan ditutup oleh Ketua Umum YPAC Nasional Ibu Imbari Rachmad. Photo bersama sebagai keluarga besar YPAC merupakan symbol kekompakan dan kebersamaan mewarnai akhir acara dan kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah serta menari dan menyanyi bersama ‘poco-poco’. Tampak adanya kebersamaan yang menghilangkan perbedaan suku, kedaerahan, status sosial dan usia.

Semua peserta menyampaikan ucapan terimakasih sedalam-dalamnya kepada YPAC Palembang selaku panitia pelaksana atas semua keramahtamahan, pelayanan dan kerja kerasnya hingga mewujudkan penyelenggaraan pertemuan yang sangat menyenangkan dan berjalan sukses. Pada hari terakhir disediakan acara additional yaitu kunjungan ke YPAC Palembang dan wisata ke Musi .

Posted in News and events | Leave a comment