Sejarah YPAC

monumen-merpatiYayasan Pembinaan Anak Cacat disingkat dengan YPAC, didirikan oleh Prof. Dr. Soeharso (alm), Ny. Djohar Soeharso, Ny. G Padmonegoro dan Ny. S. Soendoro yang diakte notariskan dihadapan notaris Goesti Djohan pada tanggal 5 Februari 1953 di Surakarta dengan menggunakan nama pada waktu itu JPAT (Jajasan Pemeliharaan Anak Tjatjat).  Yang kemudian mendidirikan perwakilan JPAT di beberapa daerah

Pada awal berdirinya YPAC Cabang Padang memulai kegiatan Pelayanan Rahabilitasi di rumah keluarga dr. Adrizal Dahlan yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan Padang dalam bentuk klinik. Pada tahun 1997 YPAC Cabang Padang menyelenggarakan pelayanan Pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan jenis kecacatan yang beragam antara lain tunanetra, tunarungu.

Setelah Munas YPAC se Indonesia, maka masing-masing YPAC diberikan otonomi yang mengacu pada UU RI no. 16  tahun 2001 tentang yayasan, maka YPAC cabang Padang menjadi YPAC Sumbar dengan akta notaris No. 7 tanggal 16 Juni 2005 di Padang.